Booking.com

Sabtu, 28 Oktober 2023

"One Coconut Per Day, Keeps the Doctor Away!", Manfaat Kelapa Bagi Tubuh

Nyiur, buah berkulit keras yang lebih sering kamu kenal dengan sebutan Kelapa. Buah dari tumbuhan yang tumbuh secara alami dan bisa mencapai ketinggian hingga 30 Meter ini punya berjuta manfaat yang pasti sudah sering kamu dengar.
Bahkan, para sesepuh atau mbah-mbah kamu pasti sering bilang, "Ngombe banyu Kelopo ben ndang cepet waras."

"One Coconut Per Day, Keeps the Doctor Away!"
Kamu sudah pernah dengar slogan diatas ini belum? Kenapa bisa muncul slogan seperti itu?
Apa sih manfaat buah kelapa?

Air Kelapa


1| Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi


Pernah dengar iklan minuman dengan tagline "Go Sweat, Go Ion"? Sebenarnya, ada minuman alami yang lebih ampuh untuk menghidrasi dan mengganti ion tubuh. Benar, Air Kelapa.
Air Kelapa mengandung berbagai macam elektrolit alami. Dan, dua diantaranya adalah Kalium dan Natrium. Dua jenis elektrolit ini mampu menggantikan Ion tubuh yang hilang setelah beraktivitas fisik maupun setelah berpuasa.
Jadi, air kelapa sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

2 | Mengurangi Gejala Radang Tenggorokan


Air kelapa memiliki sifat anti-inflamasi atau anti radang yang sangat membantu saat kamu sedang mengalami radang tenggorokan. Sifat anti-inflamasi ini dapat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan yang meradang.

Aku sendiri sudah membuktikan ini. Saat aku menulis artikel ini, aku sedang mengalami radang tenggorokan yang menurutku cukup parah. Lalu sejak kemarin, aku mulai membeli satu buah kelapa utuh setiap pagi dan meminum airnya.
Dan benar saja, radang tenggorokan yang ku alami terasa lebih cepat membaik. Walaupun belum sembuh total. Aku membandingkannya dengan radang tenggorokan yang ku alami sebelum-sebelumnya dan tanpa minum air kelapa, hanya mengkonsumsi obat saja.

3 | Meningkatkan Imun Tubuh

Selain berbagai macam elektrolit, air kelapa juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel tubuh dari kerusakan, dan melawan radikal bebas.

4 | Menjaga Kesehatan Jantung


Kalium yang terkandung dalam air kelapa dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada air kelapa sangat baik untuk menjaga fungsi dan kesehatan jantung.

5 | Mengatasi Asam Lambung

Kalium pada air kelapa dipercaya mampu meredakan asam lambung. Karena pH pada asam lambung yang bersifat asam, maka harus dinetralkan dengan cairan yg memiliki pH bersifat basa. Nah, alkali atau kalium pada air kelapa ini sangat baik untuk menetralkan asam lambung.
Aku juga sedang berusaha rutin mengkonsumsi air kelapa setiap pagi karena satu sebab ini, asam lambung.

Selain 5 manfaat air kelapa diatas, sebenarnya masih sangat banyak lagi manfaat air kelapa.
Nah, selain air kelapa, daging buah kelapa juga punya banyak manfaat loh !
Apa saja, sih?

Daging Kelapa


1| Menjaga Kesehatan Pencernaan



Kandungan serat pada daging buah kelapa dapat memperlancar pencernaan. Di dalam daging buah kelapa terdapat senyawa MCT (medium-chain-triglyceride) yang berfungsi untuk menguatkan bakteri baik pada sistem pencernaan. 
Selain itu, kandungan lemak pada daging buah kelapa juga dapat membantu penyerapan vitamin A, D, E, K dalam tubuh menjadi lebih optimal.

2| Mengoptimalkan Fungsi Otak

Selain berfungsi untuk menguatkan bakteri baik pada sistem pencernaan, fungsi senyawa MCT pada daging buah kelapa juga bermanfaat baik untuk menunjang dan mengoptimalkan fungsi otak. Daging buah kelapa akan sangat baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit degeneratif pada lansia seperti Alzheimer atau Demensia.


3| Membantu Program Diet


Lagi-lagi, senyawa MCT pada daging buah kelapa punya banyak manfaat lain. MCT pada daging buah kelapa dapat membantu proses pembakaran kalori, lemak, dan menimbulkan perasaaan kenyang yang lebih lama. Oleh karenanya, daging buah kelapa bisa membantu kamu mengurangi rasa ingin makan yang berlebihan


Nah, itu tadi beberapa manfaat Buah Kelapa yang baik untuk tubuh.
Jadi, kamu sudah konsumsi Buah Kelapa hari ini?




0 Comments:

Posting Komentar