Booking.com

Senin, 02 Oktober 2023

Hari Batik Nasional ! Tetap 'Kece' Mengenakan Batik



Batik, kain yang dibuat secara tradisional dengan menggunakan lilin sebagai bahan pembuatan pola. Lilin digoreskan atau ditimpa pada gambar pola yang telah dibuat agar bagian pola tersebut aman dari warna-warna saat proses pewarnaan. Teknik tersebut adalah "Batik" itu sendiri.
Batik resmi diakui dan dikukuhkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009Kemudian, hari tersebut ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional dengan diterbitkannya Kepres No.33 Tahun 2009.

Sejarah Menarik Batik 

Batik telah ada sejak masa pemerintahan Kerajaan Majapahit. Pada mulanya, pemakaian dan kesenian membatik hanya diperuntukkan bagi Keluarga Kerajaan dan Tokoh Pemerintahan. 
Namun, lambat-laun semua kalangan bisa mengenakan dan membuat batik hingga saat ini.


Perkembangan Batik 

Sebagai salah satu dari banyaknya warisan Tanah Air, Batik semakin dikenal hingga kancah internasional. Bahkan, batik sudah beberapa kali dikenalkan pada pagelaran fashion di ranah internasional.

Saat ini, motif batik sudah semakin beragam. Begitu pula dengan model-model pakaian yang menggunakan kain batik sebagai bahan dasar. Batik sudah tidak lagi terlihat kuno dan terkesan "kondangan". 

Batik Modern 

Banyak produk fashion batik yang sudah menerapkan design yang modern, casual, dan tidak lagi membosankan. Tentu hal ini sangat bagus untuk menarik minat generasi saat ini agar tetap bangga dalam menggunakan Batik. Terutama anak Milennial, Gen Z, dan generas-generasi selanjutnya. Sepertiku, hehe.

Memadupadankan Batik untuk Casual Look 

  • Outer Batik dan Celana Hitam

Akhir-akhir ini, aku sedang hobi mengenakan batik dan kebaya. Namun bukan untuk acara formal. Aku sedang hobi mengenakan batik dan kebaya untuk ngantor dan nongkrong.

Seperti outer Batik yang aku pakai pada foto diatas. Sangat jauh dari kesan kuno dan bisa tetap ku gunakan untuk acara formal, kondangan, ngantor, bahkan sebagai casual outer untuk nongkrong bersama teman. 

Outer Batik yang aku gunakan mengusung design jaket bomber. Dengan potongan lengan sedikit menggembung dan menggunakan resleting sebagai pengganti kancing. Biasanya, aku mix and match Outer Batik ini dengan tanktop berwarna hitam atau putih, celana pendek, celana panjang, atau rok dengan potongan A-line berwarna hitam. 

Jadi sangat cocok untuk dipakai hangout. Oh ya, kamu bisa beli outer batik yang sama disini .

 

  • Jarik / Kain Batik dan Kemeja

Aku juga biasa memadupadankan Kain Jarik Batik dan Oversized T-shirt. Trik mix and match yang satu ini akan memberikan kesan vintage. Terlebih lagi kalau kamu tambahkan sepatu docmart atau loafers. Oh ya, jangan lupa aksesoris unik seperrti kacamata yang aku pakai di foto. Kamu bisa beli Jari Batiknya disini .


Sebelumnya, aku bukanlah penggemar Batik. Bahkan cenderung kurang suka. Kembali pada karena saat itu belum banyak variasi model batik modern dan masih terkesan "kondangan". Aku pribadi sangat senang karena sudah mulai banyak produsen pakaian Batik yang berinovasi dengan meluncurkan model-model Batik modern dan kekinian. Aku tidak lagi menganggap Batik itu "Kondangan". Justru sangat bagus dan keren !

Jadi, mau berbatik bersama?


0 Comments:

Posting Komentar