Booking.com

Minggu, 16 Oktober 2022

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah. Surabaya - Jogja cuma 90ribu

Beberapa waktu lalu, aku kembali berkunjung ke Jogja menggunakan transportasi Kereta Api. Yap, aku adalah "anak kereta". Kemanapun aku pergi, kalau rutenya masih bisa dicapai dengan Kereta Api, aku pasti akan memilih naik kereta. Jujur saja, kalau naik bus aku pasti mabuk kendaraan hehe.

Normalnya, tarif kereta api jenis kereta ekspress bergerbong eksekutif dan ekonomi premium adalah di atas IDR 150k untuk satu kali perjalanan. 

Sebelum aku share cara mendapatkan tiket kereta ekspress dengan harga lebih murah, aku infokan beberapa hal dulu yaa.

APA ITU KERETA API EKSPRESS

Kereta Api Ekspress adalah tipe kereta yang hanya berhenti di stasiun besar saja. Berbeda dengan Kereta Api Lokal yang berhenti di semua stasiun, baik itu stasiun besar maupun stasiun kecil. Jadi, kalau kamu naik kereta api ekspress akan lebih cepat sampai di tujuan.

GERBONG KERETA API EKSPRESS

Kereta api ekspress membawa 3 jenis rangkaian, yaitu gerbong ekonomi premium, gerbong bisnis dan gerbong eksekutif. Perbedaan kedua gerbong ini terletak pada kursi penumpang. Kamu bisa cek gambar di bawah ini (atas: eksekutif - bawah : ekonomi premium- kereta bisnis mirip kursi kereta ekonomi lokal)

CARA MENDAPATKAN TIKET KERETA API MURAH

Saat berlibur ke Jogja kemarin, aku hanya menghabiskan IDR 90k dari harga normal mulai dari IDR 180k untuk mendapatkan tiket kereta api ekspress. Harga tersebut untuk satu kali jalan yaa, bukan pulang-pergi. 
Jadi aku membeli tiket rute Surabaya-Madiun seharga IDR 45k terlebih dulu. Lalu dua jam sebelum tiba di Madiun, aku kembali membeli tiket kereta yang sama dengan rute Madiun -Jogja seharga IDR 45k. Jadi jika ditotal hanya IDR 90k. Begitupun saat pulang dari Jogja, aku melakukan trik yang sama.
Dan karena ini adalah kereta api ekspress, dari Mojokerto ke Jogja hanya membutuhkan 3,5 jam perjalanan. Cepat 'kan?

Untuk mendapatkan harga tiket lebih murah, kamu harus membeli tiket secara Go-Show. Tiket Go-Show tersedia mulai 2 jam sebelum jam keberangkatan kereta. Nah, harga dari tiket ini bisa lebih murah. 

Kamu bisa mengikuti cara di bawah ini :
1. Masuk ke aplikasi KAI Acces. Jika belum memilik aplikasinya, kamu bisa download di Appstore atau Playstore
2. Pilih bagian "KA Antar Kota" lalu isi kolom Asal dan Tujuan.
4. Pilih kereta yang sudah menerapkan harga Go-Show.
5. Masukkan data penumpang
6. Lakukan pembayaran
7. Jika kamu belum menemukan harga Go-Show, catat dan ingat-ingat jam keberangkatan kereta yang kamu inginkan. Dua jam sebelum jam keberangkatan tersebut, kamu bisa membeli tiket Go-Show. Tinggal mengikuti langkah-langkah di atas.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tonton video tutorialnya disini 

Trik ini cocok untuk kamu yang ingin pergi traveling dengan nyaman namun tetap on-budget. Sepertiku hehe

Jadi, kapan traveling bareng?


0 Comments:

Posting Komentar